RESUME BERPIKIR KOMPUTASI
1). STRUKTUR DATA
Dalam istilah ilmu komputer, struktur data adalah cara menyimpan dan mengatur data secara terstruktur pada sistem komputer atau pangkalan data (database) sehingga lebih mudah diakses. Secara teknis, data dalam bentuk angka, huruf, simbol, dan lainnya ini diletakkan dalam kolom-kolom dan susunan tertentu. Contoh struktur data dapat dilihat pada berkas-berkas lembar sebar (spreadsheet), pangkalan data, pengolah kata, citra yang dipampat (compressed image), dan pemampatan berkas dengan teknik tertentu yang memanfaatkan struktur data.
Dalam teknik pemrograman, struktur data berarti tata letak data yang berisi kolom-kolom data, baik itu kolom yang terlihat oleh pengguna ataupun kolom yang hanya digunakan untuk keperluan pemrograman yang tidak terlihat oleh pengguna. Setiap baris dari kumpulan kolom-kolom tersebut dinamakan catatan (record). Lebar kolom untuk data dapat berubah dan bervariasi. Ada kolom yang lebarnya berubah secara dinamis sesuai masukan dari pengguna, dan juga ada kolom yang lebarnya tetap. Dengan sifatnya ini, sebuah struktur data dapat diterapkan untuk pengolahan basis data (misalnya untuk keperluan data keuangan) atau untuk pengolah kata yang kolomnya berubah secara dinamis.
2). TREE DATA
Dalam ilmu komputer, sebuah Pohon adalah suatu struktur data yang digunakan secara luas yang menyerupai struktur pohon dengan sejumlah simpul yang terhubung.
Sebuah Simpul dapat mengandung sebuah nilai atau suatu kondisi atau menggambarkan sebuah struktur data terpisah atau sebuah bagian pohon itu sendiri. Setiap simpul dalam sebuah pohon memiliki nol atau lebih simpul anak (child nodes), yang berada dibawahnya dalam pohon (menurut perjanjian, pohon berkembang ke bawah, tidak seperti yang dilakukannya di alam). Sebuah simpul yang memiliki anak dinamakan simpul ayah (parent node) atau simpul leluhur (ancestor node) atau superior. Sebuah simpul paling banyak memiliki satu ayah. Tinggi dari pohon adalah panjang maksimal jalan ke sebuah daun dari simpul tersebut. Tinggi dari akar adalah tinggi dari pohon. Kedalaman dari sebuah simpul adalah panjang jalan ke akarnya dari simpul tersebut.
3). GRAPH DATA
Dalam ilmu komputer , grafik adalah tipe data abstrak yang dimaksudkan untuk mengimplementasikan konsep grafik tak berarah dan grafik berarah dari bidang teori grafik dalam matematika .
Struktur data grafik terdiri dari sekumpulan titik (yang mungkin bisa berubah) yang terbatas (juga disebut node atau titik ), bersama dengan sekumpulan pasangan titik yang tidak berurutan untuk grafik yang tidak berarah atau sekumpulan pasangan berurutan untuk grafik berarah. Pasangan ini dikenal sebagai edge (juga disebut link atau garis ), dan untuk grafik berarah juga dikenal sebagai edge tetapi terkadang juga disebut arrow atau arcs . Titik dapat menjadi bagian dari struktur grafik, atau dapat menjadi entitas eksternal yang direpresentasikan oleh indeks atau referensi integer .
4). ALGORITMA
Dalam matematika dan ilmu komputer, algoritma adalah rangkaian terbatas dari instruksi-instruksi yang rumit, yang biasanya digunakan untuk menyelesaikan atau menjalankan suatu kelompok masalah komputasi tertentu.
Algoritma digunakan sebagai spesifikasi untuk melakukan perhitungan dan pemrosesan data. Algoritma yang lebih mutakhir dapat melakukan deduksi otomatis (disebut sebagai penalaran otomatis) dan menggunakan tes matematis dan logis untuk mengarahkan eksekusi kode melalui berbagai rute (disebut sebagai pengambilan keputusan otomatis). Penggunaan karakteristik manusia sebagai deskriptor mesin secara metaforis telah dipraktekkan oleh Alan Turing dengan terminologi seperti "memory", "search" dan "stimulus".
5). ALGORITMA MENURUT PARA AHLI
Menurut Thomas H. Cormen (2009:5), Algoritma adalah prosedur komputasi yang mengambil beberapa nilai atau kumpulan nilai sebagai input kemudian di proses sebagai output sehingga algoritma merupakan urutan langkah komputasi yang mengubah input menjadi output.
Donald Ervin Knuth menyebutkan algoritma adalah sekumpulan aturan-aturan berhingga yang memberikan sederetan operasi-operasi untuk menyelesaikan masalah tertentu.
6). EKSPRESI LOGIKA
Ekspresi logika adalah serangkaian satu atau beberapa operan logika dan operator logika. Ekspresi logika dievaluasi menjadi satu nilai logika.
Logika informatika dalam ilmu komputer digunakan sebagai dasar dalam belajar bahasa pemrograman, struktur data, kecerdasan buatan, teknik/sistem digital, basis data, teori komputasi, rekayasa perangkat lunak, sistem pakar, jaringan syaraf tiruan, dan lain-lainnya yang mempergunakan logika secara intensif. Salah satu contoh yang populer adalah sistem digital, yaitu bidang ilmu yang didasari oleh logika untuk membuat gerbang logika (logic gates) dan arsitektur komputer sebagai inti mikroprosesor, otak komputer atau central processing unit.
7). OPERASI LOGIKA
Dalam logika, operator logika atau perangkai logika merupakan simbol logika yang dipakai untuk menghubungkan rumus-rumus logika. Sebagai contoh, dalam sintaks logika proposisional, operasi biner ∨ dapat dipakai untuk menggabungkan dua rumus atomik ๐ dan ๐, memberikan rumus kompleks ๐∨๐.
Operator logika pada umumnya meliputi negasi, disjungsi, konjungsi, implikasi dan kesetaraan . Dalam sistem logika klasik yang standar, operator-operator tersebut dipandang sebagai fungsi kebenaran, yakni fungsi yang menerima suatu nilai kebenaran (benar atau salah) dan menghasilkan nilai kebenaran yang baru. Sedangkan dalam logika non-klasik ada beberapa interpretasi berbeda terkait definisi dari operator-operator tersebut. Interpretasi klasik dari setiap operator tersebut mirip dengan ungkapan "tidak", "atau", "dan", dan "jika" dalam bahasa alami seperti Bahasa Indonesia, walau tidak identik.
8). FLOWCHART
Flowchart adalah alat visual yang digunakan untuk merepresentasikan alur kerja atau proses dalam bentuk diagram. Dalam dunia pemrograman dan sistem, flowchart digunakan untuk merencanakan, menganalisis, dan memahami langkah-langkah yang diperlukan dalam menyelesaikan suatu tugas atau masalah.
Simbol Flowchart dan Fungsinya
Simbol-simbol dalam flowchart memiliki makna dan fungsi tertentu yang membantu dalam pemahaman alur kerja. Beberapa simbol dasar flowchart meliputi:
1. Simbol Awal (Mulai/Akhir):
Simbol ini menandakan awal dan akhir dari suatu proses atau algoritma. Biasanya direpresentasikan dengan bentuk oval atau persegi panjang dengan tepi melengkung.
2. Simbol Proses:
Simbol ini digunakan untuk menunjukkan langkah-langkah atau tindakan yang harus dilakukan dalam proses. Umumnya direpresentasikan dengan bentuk persegi panjang.
3. Simbol Keputusan (Keputusan):
Simbol ini menunjukkan titik keputusan dalam alur kerja yang memerlukan pilihan ya atau tidak. Biasanya direpresentasikan dengan bentuk berlian.
4. Simbol Input/Output:
Simbol ini digunakan untuk menunjukkan input atau output data dalam proses. Biasanya direpresentasikan dengan bentuk paralelogram.
5. Simbol Penghubung (Konektor):
Simbol ini digunakan untuk menghubungkan bagian-bagian flowchart yang terpisah. Biasanya direpresentasikan dengan garis lurus atau panah.
9). FLOWCHART DOKUMEN
Flowchart dokumen merupakan bagan alir yang menunjukkan arus dari laporan dan formulir termasuk tembusan-tembusannya.
Flowchart dokumen berfungsi untuk menelusuri alur form dari satu bagian ke bagian yang lain, termasuk bagaimana laporan diproses, dicatat, dan disimpan.
10). FLOWCHART DATA
Data Flow Diagram merupakan sebuah diagram yang menggambaran alur informasi suatu sistem dari awal pemrosesan input hingga menghasilkan output. DFD dapat dibagi menjadi logical DFD dan physical DFD. Logical DFD menggambarkan aliran data melalui sistem untuk melakukan fungsi tertentu dari suatu bisnis.
Pembuatan DFD sebagai representasi visual membuatnya menjadi alat komunikasi yang baik antara user dan perancang sistem. Selain itu, diagram dapat menggambarkan seluruh alur kerja secara efektif dan lebih mudah dipahami. Struktur DFD memungkinkan dimulai dari gambaran yang luas dan memperluasnya ke diagram yang detail.
11). FLOWCHART SISTEM
Flowchart sistem adalah diagram yang menggambarkan seluruh alur atau flow yang terjadi pada sebuah sistem.
Flowchart sistem ini bisa menguraikan secara detail urutan setiap prosedur yang ada pada sistem.
12). FLOWCHART PROGRAM
Flowchart program merupakan langkah-langkah (instruksi-instruksi) program yang menceritakan kejadian suatu proses satu dengan proses lainya dalam suatu program secara mendetail yang di wakilkan dalam bentuk simbol atau bagan.
ini akan lebih memudahkan bagi programmer untuk menjelaskan progres pengembangan software yang sedang digarapnya.
13). SIMBOL-SIMBOL FLOWCHART
1. Terminator
Mengutip buku Buku Algoritma dan Pemrograman Menggunakan Bahasa Pemrograman Java oleh Yuniarsyah, simbol ini mewakili awal dan akhir dari flowchart atau suatu kegiatan. Adapun nama lain dari simbol ini adalah Start/End Symbol.
2. Input/Output
Simbol input/output berbentuk jajargenjang. Fungsinya adalah untuk menyatakan proses input/output tanpa tergantung jenis peralatannya.
3. Proses
Selanjutnya adalah simbol proses. Tujuannya adalah menyatakan suatu tindakan atau proses pada komputer.
4. Preparation
Simbol preparation memiliki tujuan untuk menyiapkan suatu variabel atau tempat penyimpanan suatu pengolahan data atau pemberian awal.
5. Arus Proses
Simbol ini berfungsi untuk menghubungkan antara simbol satu dan simbol lain atau menyatakan jalannya arus dalam suatu proses. Simbol ini sering disebu juga dengan connecting line.
6. Decision
Simbol selanjutnya adalah decision. Decision menyatakan awal dan akhir flowchart atau program suatu kegiatan.
7. Connector
Simbol connector berbentuk lingkaran. Fungsinya adalah menyatakan sambungan dari satu ke proses lain dalam halaman yang sama.
8. Predifine Proses
Simbol ini menjelaskan pelaksanaan suatu alur dalam diagram alur. Predifine proses juga menyatakan arti sebuah proses yang merujuk dari tempat lain pada halaman kerja flowchartmu.
9. Offline Connector
Offline Connector kebalikan dengan connector. Simbol ini menyatakan sambungan dari satu ke proses ke proses lain pada halaman yang berbeda.
10. Document
Fungsi dari simbol document adalah merepresentasikan input atau output dari dokumen pada flowchart. Tujuannya adalah untuk menjelaskan bentuk masukan dari dokumen dan bentuk keluaran dari sebuah bagan alur.
Komentar
Posting Komentar